Tugas Resum
Dalam konsep manajemen informasi perusahaan ,menggabungkan semua fungsi informasi perusahaan dalam suatu jaringan informasi .fungsi pusat informasi merupakan pusat intelegen / basis data organisasi . manajemen informasi perusahaan juga memiliki konsep keunggulan kompotitif dalam operasional perusahaan . system informasi strategis dapat berupa system informasi apapun Cips ,SIM,DSS dan lainnya yang menggunakan informasi tekhnologi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif ,mengurangi kelemahan kompetitif atau untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnya .
Customer focused bisnis merupakan sebuah strategis bisnis yang berfokus pada pelanggan yang dirancang untuk meningkatkan penjualan ,tropitabilitas dan kepuasaan pelanggan .perusahaan akan meraih keunggulan kompetitif dengan mencipkan rantai nilai ( value chain ) yang terdiri atas aktifitas utama dan pendukung yang memberikan kontrilasi kepada margin , perusahaan menciptakan nilai dengan melakukan aktifitas nilai . aktifitas nilai terdiri atas dua jenis utama dan pendukung . system informasi strategis dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan agar dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang dalam menghadapi tekanan kompetitif yang membentuk pasangan dalam perusahaan . rekayasa ulang proses bisnis meluas jauh diluar lingkup teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak ,dalam kondisi yang ideal rekayasa yang proses bisnis harus terjadi dalam cara topdown . suatu perusahaan yang membuat suatu aplikasi system informasi yang digunakan untuk menjembatani perusahaan dan klien secara online .
Strategi dasar penggunaan tekhnologi informasi dalam bisnis :
1. Strategi kepemimpinan dalam biaya
2. Strategi diferensiasi
3. Strategi inovasi
4. Strategi pertumbuhan
5. Strategi persekutuan
System informasi manajemen (SIM) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manuasia,dokumen,teknologi,dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk ,layanan ,atau suatu strategi bisnis . penerapan system informasi mterintegrasi di suatu perusahaan tidaklah semudah yang dibayangkan ,terlebih di Indonesia dengan tingkat pembajakan software yang begitu tinggi menyebabkan orang memandang software adalah suatu produk yang sangat murah . oleh karena itu jika suatu perusahaan ingin membuat suatu system informasi terintegrasi membatalkan rencana tersebut, walaupun sebenarnya tingkat efisiensi yang akan diperoleh akan jauh lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan sebuah system .
E-commerce / Electronic Commerce (e-bussiness) merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan computer atau kegiatan jual-beli barang atau jasa ( atau transfer uang ) melalui jalur komunikasi digital . evolusi dari computer based information system adalah : pengembangan CBIS mengikuti system life cycle ,yang terdiri dari : siklus hidup suatu system bisa berlangsung beberapa bulan ataupun SLC berulang ialah pemakaian CBIS .
Secara ringkas keuntungan e-commers tersebut adalah sebagai berikut :
Bagi konsumen : harga lebih murah ,belanja cukup pada satu tempat .
Bagi pengelola bisnis : efisiensi ,tanpa kesalahan ,tepat waktu .
Bagi manajemen : peningkatan pendapatan ,loyalitas pelanggan .
Selain membuahkan hasil ,bisnis internet juga banyak yang rontok ,banyak sekali pelaku bisnis di internet yang gulung tikar karena tidak sanggup bersaing dan tidak memiliki inovasi dan kreatifitas .
Model yang digunakan dalam system umum perusahaan :
1. Model fisik
2. Model naratif
3. Model grafik
4. Model matematika
Keunggulan dari model system umum perusahaan :
1. Mempermudah pengertian
2. Mempermudah komunikasi
3. Memperkirakan masa depan
Manajemen by exception adalah suatu gaya yang diikuti manajer ,yaitu manajer terlibat dalam aktivitas hanya jika aktivitas itu menyimpang dari kinerja yang dapat diterima. Agar manajer dapat mempraktekan manajemen by exception,arus ditetapkan standar dalam bentuk batas atas dan batas bawah kinerja yang dapat diterima .
Manajemen by exception memberikan tiga keuntungan dasar ,yaitu :
1. Manajer tidak membuang-buang waktu untuk memantau aktivitas yang berlangsung secara normal
2. Karena lebih sedikit keputusan yang dibuat,tiap keputusan dapat memperoleh perhatian lebih menyeluruh
3. Perhatian dipusatkan pada peluang-peluang,maupun pada hal-hal yang tidak berjalan semestinya
Namun terdapat pula sejumlah kendala yang harus diketahui yaitu :
Beberapa jenis kinerja bisnis tertentu tidak mudah ditentukan secara kuantitas sehingga standar tidak dapat ditentukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar