nama : erica oktaviani
kelas : 1db20
npm : 39110380
Manajemen
Dalam kehidupan sehari-hari ,kita sering mendengar istilah organisasi ,apakah itu organisasi pemerintah ,organisasii bisnis ,ataupun organisasi sosial yang berada di sekitar kamu tinggal . cobalah perhatikan ,organisasi yang baik pastilah dikelola oleh seorang pemimpin atau menejer yang kompeten yang mampu menangani secara teratur dan efisien .
Pengertian menejemen menurut Luther Gulick dilihat dari segi ilmu pengetahuan :
manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan .
Tingkatan manajemen :
Sesuai dengan fungsi dan tugas menejer ,manajemen dapat dipisahkan menjadi tiga tingkatan :
1. Manajemen tingkat atas (Top Management)
2. Manajemen tingkat menegah (Midle Management)
3. Manajemen tigkat bawah (Low Management)
Tujuan dari manajemen adalah untuk mendapatkan efisiensi dalam bidang tenaga ,biaya maupun waktu .dengan demikian tujuan dapat tercapai secara efisiensi apabila tujuan itu dapat tercapai dengan cepat ,tepat dan hemat .
Henry Fayol mengemukakan 14 prinsip manajemen yang perlu diterapkan dalam pelaksanaan tugas yaitu :
1. Pembagian kerja
2. Kekasaan dan tanggung jawab
3. Disiplin
4. Kesatuan pemerintah
5. Kesatuan arah
6. Kepentingan individu di bawah kepentingan umum
7. Pembayaran upah yang adil
8. Pemusatan
9. Rantai skala
10. Tata tertib
11. Keadilan
12. Stabilitas pegawai
13. Inisiatif
14. Jiwa kesatuan
Pada dasar nya fungsi manajemen yang biasa digunakan adalah :
- Planning(Perencanaan)
- Organizing(Pengorganisasian)
Secara umum kegagalan seorang manajer disebabkan karena manajer kurang mampu menjalankan fungsi manajemen ,khususnya dalam hal mengelola dan menkoordinir sarana manajemen .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar